Berikut 3 Kuliner Khas Riau yang Tiada Duanya, Sudah Mencoba?

Kuliner khas Riau memiliki cita rasa yang unik dan beragam. Sebab, sajian khas dari daerah ini dipengaruhi oleh beberapa kebudayaan, seperti Minang, Melayu, Jawa, Tionghoa, Batak, dan suku lainnya. Oleh karena itu, anda tidak boleh ketinggalan untuk mencicipi makanan asli Riau.

3 Kuliner dari Riau dengan Rasa Juara

  1. Mie Lendir

Meski memiliki nama yang sedikit aneh, namun makanan ini memiliki rasa yang lezat. Makanan ini diberi nama mi lendir karena mi kuning disajikan dengan kuah kental yang mirip dengan lendir. Kuah kental ini terbuat dari campuran kacang tanah, ubi, dan bumbu rempah lainnya.

  1. Lopek Bugi

Lopek bugi merupakan sajian khas yang melegenda. Sebab, dahulu makanan ini hanya disajikan untuk kaum bangsawan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, makanan ini dapat dinikmati oleh siapa saja. Lopek bugi terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan dan dibungkus dengan daun.

  1. Lontong Paku

Kuliner selanjutnya yang bisa anda nikmati di Riau adalah lontong paku. Makanan yang berisi lontong dengan siraman kuah gulai pakis, buncis, dan potongan nangka ini biasa dinikmati ketika sarapan. Sebagai pelengkap, biasanya ditambah dengan telur, kerupuk merah, dan kerupuk balado.

Selain mie lendir, lopek bugi, dan lontong paku, masih banyak makanan khas Riau yang bisa anda temukan dengan mudah. Diantaranya bubur kampiun, roti jala, mieso, mie sagu, dan lain-lain. Lidah anda akan dibuat bergoyang ketika mencicipi makanan khas ini karena rasanya yang juara.