menghembuskan nafas-nafas penuh cinta
Cara Ternak Itik Petelur Tanpa Air ternyata Lebih Menguntungkan
Cara Ternak Itik Petelur Tanpa Air ternyata Lebih Menguntungkan

Cara Ternak Itik Petelur Tanpa Air ternyata Lebih Menguntungkan

Benarkah cara ternak itik petelur tanpa air ternyata lebih menguntungkan? Sekilas ide seperti ini tampak mengada-ada. Bagaimana mungkin, padahal itik termasuk hewan ternak yang sangat suka bermalas-malasan di dalam air kubangan. Bukannya justru itik akan menjadi stress?

Sekilas metode ternak itik petelur tanpa air memang tampak mengada-ada. Namun jangan menilai seperti itu terlebih dahulu. Faktanya sudah ada banyak peternak itik petelur yang berhasil mengaplikasikan ide ini.

Bahkan banyak yang mengklaim jika cara ternak itik petelur tanpa air ini justru lebih mudah, lebih efektif, lebih cepat panen, dan lebih menguntungkan. Jika memang seperti itu faktanya, tampaknya tidak ada salahnya untuk menerapkan metode baru dalam ternak itik petelur ini.

Kelebihan Ternak Itik Petelur Tanpa Air

Teknik ternak itik tanpa air ini dilakukan dengan mengandangkan itik selama proses pemeliharaannya. Artinya itik tidak di umbar. Tanpa air bukan berarti Anda tidak membutuhkan air sama sekali. Anda tetap butuh air untuk minum itik-itik petelur yang Anda ternakkan.

Sementara itu pakan itik oleh peternak disediakan dalam kandang. Pastinya dengan berpedoman pada formulasi kandungan pakan yang sesuai dengan kebutuhan itik dan juga tujuan usaha ternak itik. Apakah untuk dimanfaatkan telurnya ataukah dagingnya.

Metode ternak itik petelur tanpa air ini harus diakui butuh modal yang lebih besar. Utamanya jika dibandingkan dengan metode ternak itik petelur sistem umbaran. Tetapi besaran biaya yang Anda keluarkan dijamin akan sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Contoh paling sederhananya seperti ini. Itik petelur yang diternakkan dengan metode tradisional telur yang dihasilkan lebih kurang 130 telur per tahunnya. Namun itik petelur yang diternakkan dengan metode seperti ini di klaim mampu menghasilkan telur hingga 200 sampai dengan 250 butir telur per tahunnya.

Jenis Kandang untuk Ternak Itik Petelur tanpa Air

Untuk jenis kandang, paling tidak ada jenis kandang ternak itik petelur tanpa air yang bisa dipilih. Ketiga jenis kandang tersebut adalah:

1. Kandang Itik Petelur Sistem Terkurung

Untuk jenis yang pertama ini seluruh proses pemeliharaan itik petelur berada di dalam kandang. Artinya mulai dari pemberian pakan, aktivitas, hingga produksi telur dilakukan di dalam kandang tersebut. Keunggulan dari jenis kandang ini adalah modal yang dibutuhkan dalam pembuatan kandang itik petelur lebih sedikit.

2. Kandang Itik Petelur Sistem Pekarangan

Jenis kandang itik petelur yang kedua ini sebenarnya merupakan gabungan antara sistem terkurung dan lepas. Modal pembuatan kandangnya pun terbilang lebih besar. Namun justru sistem pekarangan ini cukup banyak dipilih oleh peternak itik petelur.

3. Kandang Itik Petelur Sistem Battery

Untuk jenis kedua ini mungkin masih kurang familier di dunia peternakan itik petelur Indonesia. Pasalnya peternak itik di Indonesia sebagian besar masih beranggapan jika itik petelur masih butuh kolam agar mau bertelur.

Sementara itu untuk kandang bebek petelur sistem baterai ini sama persis dengan kandang baterai untuk ayam petelur. Oleh blog tentang hewan¸ ayam petelur juga di klaim sebagai satu diantara bisnis ternak paling memiliki prospek cerah di tahun ini.

Nah, itulah sekilas tentang metode ternak itik petelur tanpa air. Sebenarnya yang membedakan dengan metode lain adalah dari sistem kandangnya. Sementara itu dari segi lokasi kandang, pemilihan bibit, jenis pakan yang diberikan, pemeliharaan secara keseluruhan, tidak ada perbedaan yang mencolok.