menghembuskan nafas-nafas penuh cinta
Jendela Rumah Minimalis
Jendela Rumah Minimalis

Jendela Rumah Minimalis

Sebuah rumah tanpa jendela pasti tampak sumpek dan pengap. Selain pintu, jendela merupakan sebuah elemen yang penting pada setiap rumah. Rumah berukuran besar ataupun kecil, tradisional maupun modern, atau berkonsep small house plans tentunya harus mempunyai jendela. Jendela berfungsi sebagai ventilasi udara, yakni tempat keluar masuknya udara ke dalam rumah sehingga rumah tidak sumpek. Jendela juga membantu penerangan interior dan dapat memberikan kesan lebih memukau pada rumah.

Meskipun jendela memiliki fungsi penting pada rumah, banyak orang tidak terlalu memperhatikannya. Padahal, dengan memperhatikan jendela rumah yang tepat akan membuat rumah anda terlihat lebih menarik. Memilih desain jendela merupakan suatu hal penting untuk mendekorasi rumah. Bila pengaplikasian jendela tidak sesuai dengan model rumah, jendela tidak akan membawa dampak yang baik bagi rumah.

Rumah minimalis yang kini sedang banyak digandrungi oleh masyarakat, tentu tidak cocok bila dikombinasikan dengan desain jendela tradisional. Hal ini akan menimbulkan kesan yang aneh. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah desain, bahan, dan warna jendela.

Desain Jendela Rumah Minimalis

Berikut ini terdapat beberapa desain jendela rumah minimalis yang mungkin bisa anda jadikan sebuah referensi dalam membangun rumah impian anda.

  1. Pertama jendela model nako atau krepyak. Jendela ini populer sekitar tahun 2000-an, model ini dikenal dengan suasana vintage yang dibawanya. Namanya sendiri berdasarkan bunyi dari ‘krepyak’ yang berasal dari suara gesekan antara besi dan kaca saat jendela dibuka. Jenis jendela ini bisa anda terapkan di rumah yang tinggal berhimpitan dengan tetangga karena sistem membukanya tidak memakan ruang yang banyak. Jendela ini perlu membutuhkan bahan yang cukup tebal bila akan dipasangi gorden.
  2. Kemudian ada model jendela rumah minimalis ayun. Seringkali model jendela ini dikira sebagai pintu kaca biasa. Jenis jendela ayun ini mempunyai bentuk seperti pintu rumah yang terbuka ke luar. Penempatan idealnya pada bagian rumah yang menghadap ke dapur atau taman.
  3. Ketiga picture window. Jendela jenis ini juga dikenal dengan nama jendela mati. Jendela yang dibuat khusus untuk sirkulasi cahaya dan memaksimalkan pandangan ke arah luar. Struktur jendela ini masuk ke dalam kategori jenis jendela yang tidak dapat dibuka dan digerakkan alias diperhatikan keindahannya saja. Sehingga tepat digunakan di area yang sudah punya ventilasi udara yang bagus.
  4. Kemudian ada model jendela double hung, jenis jendela ini unik yang terdiri dari 2 bagian kaca di dalam satu frame. Jendela model ini jarang sekali ditemui di Indonesia dan biasanya ditemukan pada rumah yang berada pada Negara empat musim. Bentuk jendela yang tebal membuatnya memiliki daya tahan tinggi terhadap suhu rendah saat ketika datang musim dingin.
  5. Terakhir adalah jenis jendela rumah lengkung. Model jendela ini cenderung fokus pada bentuk arsitektur rumah daripada fungsinya. Tampilan yang disuguhkannya terkesan elegan dan cantik. Jendela model ini cukup populer untuk rumah mewah seperti mansion yang mewah.

Memilih Jendela Rumah Minimalis Efektif

Sebelum memutuskan model jendela mana yang akan anda pilih, pikirkan baik-baik segala kemungkinan dan resikonya. Dan jangan lupa sesuaikan dengan model rumah yang anda miliki. Bila pemilihan jendela tidak cepat, pastinya cenderung akan terlihat aneh. Pilihlah model jendela yang sesuai dengan kebutuhan anda dan penghuni rumah lainnya. Pastikan dengan adanya jendela rumah anda tidak sumpek dan pengap.